Membuat Sistem Operasi Windows Live Usb


Sistem Operasi Windows memang sangat digemari dikalangan masyarakat saat ini. Karena hampir semua Games hanya bisa berjalan pada sistem ini. Tapi bagaimana jika sewaktu - waktu Sistem Windows anda rusak, Missing error atau pada saat booting selesai malah muncul Restart CTRL + ALT DEL. Kalau seperti itu windows anda harus diinstall ulang. Seandainya anda tidak punya waktu untuk menginstall ulang windows dan membutuhkan sebuah data atau lebih yang berada pada harddisk. Anda pasti kebingungan bukan? Nah, ada cara untuk menanganinya ketika hal seperti ini sewaktu - waktu terjadi.


Anda perlu menyiapkan peralatan dan software yang diperlukan yaitu :
1. Sebuah Komputer atau Laptop beroperating system Windows
2. Cd Windows XP Profesional
3. Usb Flash Drive (Flash Disk) minimal 256 Mb
4. HP USB Device Storange Format Tool, Download
5. PE Builder, Download
Setelah semua peralatan dan software yang dibutuhkan telah anda dapatkan. Kini anda dapat memulai membuat Windows Live Usb. Akan tetapi alangkah lebih baik jika anda mengetahui software yang akan anda gunakan terlebih dahulu.

HP USB Device Storange Format Tool

Software ini berguna untuk memformat Flash Drive anda. Dengan software ini anda bisa memformat Flash Drive anda menjadi FAT, FAT32, dan NTFS dengan mengubah pilihan combobox pada File Sistem.

PE Bulider
Software ini digunakan untuk membuild Windows Xp menjadi BartPE. Setelah anda menginstall software dan menjalankannya. Masukkan CD Windows XP pada Drive CD/DVD Komputer lalu tentukan source pada PE Builder dengan alamat Drive CD/DVD yang telah anda masukkan, Destinationnya diisi BartPE, dengan ini akan membuat sebuah folder baru dengan nama BartPE yang akan tersimpan pada C:\pebuilder_Versi\BartPE pada folder itulah nantinya hasil build dari Windows XP akan disimpan.

Install BartPE pada Flash Drive USB

Bukalah aplikasi Command Prompt atau disingkat menjadi CMD. Tentukan direktori aktif menjadi c:\pebuilder_versi\plugin\peinst\dan ketikkan perintah peinst lalu enter. Pada aplikasi ini anda hanya menentukan alamat dari BartPE dan alamat dari Flash Drive Usb yang digunakan untuk tempat penyimpanan data tersebut.

Tekan angka 1 dan tentukan alamat dari BartPE (c:\pebuilder_versi\BartPE)
Angka 2 Menentukan alamat Flash Drive Usb (contoh h:)
Angka 5 lalu angka 1 agar proses instalasi dimulai.

Link
1. hp.com

2. nu2.nu/pebuilder

Comments :

0 comments to “Membuat Sistem Operasi Windows Live Usb”

Post a Comment